KOMUNIKASI

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan. Adapun kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
Dalam organisasi kita mengenal komunikasi yang bersifat formal dan informal. Komunikasi organisasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi, produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi. Misalnya: memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat resmi komunikasi organisasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual

Manfaat komunikasi :
• Komunikasi mempunyai dua fungsi penting dalam organisasi:
• Komunikasi memungkinkan pertukaran informasi
• Komunikasi membantu menghubungkan sekelompok anggota dengan anggota lainnya

Fenomena komunikasi massa
Tak dapat dimungkiri perempuan adalah salah satu sasaran dan medan utama dalam arus pencitraan dalam iklan. Berbagai telaah para pakar mengenai kapitalisme dan masyarakat konsumer menunjukkan bahwa perempuan adalah salah satu teks utama. Artinya, budaya konsumer cenderung identik dengan eksplorasi dan eksploitasi yang mengarah pada kaum perempuan, lebih spesifik, pada tubuh perempuan. Tubuh perempuan diolah, dibajak, dipotong-potong sedemikian rupa sebagai komoditas sekaligus sebagai penyerap dan konsumen utama.

Dampak komunikasi
Pada daerah – daerah pedesaan komunikasi sangat berperan, informasi dan komunikasi akan sangat terbuka, begitu juga dengan peran media massa dalam mentransformasi pesan. Dampak bagi masyarakat adalah masyarakat akan cenderung mempunyai persepsi yang sama karena memperoleh kesamaan kesempatan untuk mengaksakses informasi. Hal ini tentunya membawa dampak positif bagi masyarakat, yakni membantu mempercepat masyarakat untuk mendapat informasi terbaru mengenai suatu peristiwa. Ada juga dampak negatif dari menjadi nyatanya konsep desa global ini, yakni siapapun dapat mengakses apapun, misalnya anak kecil yang dapat mengakses berita kekerasan lewat tayangan televisi, atau melihat video porno di internet. Masyarakat sendiri yang harus bisa menyaring apa yang mereka anggap baik mereka.
Begitu juga sama seperti heandphone yang belakangan ini sudah merambat di pedesaan – pedesaan. Suatu alat yang di gunakan untuk menelfon atau mengirim pesan singkat kepada siapapun. Namun sekarang alat komunikasi tersebut tidak semata-mata digunakan untuk melakukan panggilan atau mengirim pesan pendek saja. Saat ini handphone juga digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas di luar kedua aktivitas tersebut dan sebagai pemenuhan kebutuhan akan gaya hidup seperti video call, conference call, hingga ber-chatting ria di internet.

Hambatan Komunikasi:
Antarpersonal (beda persepsi dan bahasa, pendengaran yang buruk, gangguan emosional, beda budaya, gangguan fisik) & Dalam Organisasi (kelebihan beban informasi dan pesan yang bersaing, penyaringan pesan yang tidak tepat, iklim komunikasi tertutup atau tidak memadai). Menurut Cangara 2004, ada 7 gangguan/rintangan komunikasi: gangguan teknis, gangguan semantik-kesalahan penggunaan bahasa, gangguan psikologis.
Dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi

Comments