probolinggo mpaling oyee..

Kota Probolinggo, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak sekitar 100 km sebelah tenggara Kota Surabaya, Kota Probolinggo berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta Kabupaten Probolinggo di sebelah timur, selatan, dan tengah. Kota ini juga terdapat pelabuhan perikanan yang cukup besar.
Buah yang terkenal dari kota Probolinggo adalah buah mangga dan anggur. Berbagai macam buah mangga yang terdapat di kota Probolinggo misalnya, mangga manalagi, mangga arum manis, mangga gadung, dan lain-lain.
Probolinggo berada di jalur utama Surabaya-Banyuwangi. Probolinggo dapat ditempuh dari Surabaya menggunakan bus dalam waktu 2,5 jam. Kota ini juga terdapat stasiun kereta api lintas timur Surabaya-Jember-Banyuwangi. Kereta api yang singgah di Probolinggo diantaranya: Mutiara Timur (Surabaya-Banyuwangi-Denpasar), Cantik Ekspress (Surabaya-Jember), Logawa (Purwokerto-Surabaya-Jemebr), dan Sri Tanjung (Yogyakarta-Surabaya-Banyuwangi).
Probolinggo merupakan kota yang memiliki obyek wisata yang masih bersifat natural. Misalnya, wisata pantai yaitu pantai Bentar. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat untuk melihat sun set (matahari terbenam). Pemandangannya pun begitu memukau sehingga cocok sebagai tempat melepaskan segala penat yang menggelayuti pikiran kita. Telah dibuka Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) di jalan Basuki Rahmat dan keelokan pelabuhan Tanjung Tembaga yang menawan hati. Didalam TWSL kita dapat mengajarkan berbagai macam flora dan fauna kepada anak-anak dalam masa pra-sekolah agara lebih mengenal keanekaragaman yang ada di alam.

Comments